LP2S UMI Tingkatkan Kualitas Penelitan Dosen UMI

LP2S UMI Tingkatkan Kualitas Penelitan Dosen UMI

Dalam upaya peningkatan kualitas dan kuantitas penelitian bagi Dosen UMI,  Lembaga Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya(LP2S) UMI melaksanakan Asistensi Proposal Penelitian Bagi Dosen Tetap UMI (24/1).

Kegiatan ini diikuti 50 orang Dosen UMI yang berlangsung di Hotel Singgasana dengan menghadirkan narasumber Prof.Dr. Ir. Lili Warly,M.Sc.,, Koordinator Penelitian MP3EI Koridor Sulawesi yang juga Koordinator desentralisasi penelitian Ditilitabmas Dikti.

Mengawali presentasi asistensi proposal Prof.Dr. Ir. Lili Warly,M.Sc., mengatakan bahwa   civitas akademika UMI patut berbangga, karena UMI satu-satunya PTS di wilayah Sulawesi yang  diberi kepercayaan pemerintah dalam hal ini Dikti dengan desentralisasi penelitian perguruan tinggi  dengan kategori Madya  di wilayah Kopertis IX Sulawesi.

Kebijakan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi untuk mendesentralisasikan kegiatan penelitian pada perguruan tinggi merupakan konsekuensi logis dari kebijakan strategis untuk mencapai tujuan utama, yaitu terbangunnya Sistem Ditjen Dikti yang mampu menjalankan tugas dan fungsinya secara efektif dan efisien sebagai fasilitator, penguat, dan pemberdaya dalam pengembangan pendidikan tinggi di Indonesia.

Lanjut dikatakan, dari sebaran PT di wilayah kopertis, masih kurang ditemukan PTS yang menjadi binaan dalam bidang penelitian, malah beberapa Kopertis, tidak ditemukan seperti  Kopertis wil. III, dan sebagainya. Karena itu, terpilihnya UMI sebagai centra penelitian dengan kateogri Madya merupakan sebuah prestasi dan apresiasi pemerintah melihat perkembangan penelitian yang diajukan UMI setiap tahun meningkat dan berkualitas.

Mengapa penelitian perlu dilakukan oleh seorang dosen, karena secara substantive  dosen yang sering melakukan penelitian maka secara substantive ada peningkatan kapasitas intelektual dna peningkatan kualitas bahan ajar serta penerapan ipteks dalam rangka modernisasi/madanisasi masyarakat.

Sementara itu, Ketua Lembaga Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya (LP2S) UMI, Prof.Dr. H. Ma’ruf Hafidz,SH.,MH  mengatakan bahwa penelitian merupakan tugas pokok dosen selain mengajar dan melakukan pengabdian pada masyarakat. Sebagaimana termaktub dalam   UU Sisdiknas No., 20 tahun 2003 bahwa  tugas dosen adalah   mengajar,  meneliti dan melakukan pengabdian kepada masyarakat.

“Alhamdulillah, tahun 2013 terjadi peningkatan kelulusan penelitian yang diajukan oleh dosen UMI,” ungkapnya.

(Humas UMI)

Previous LP2S UMI Adakan Pelatihan Penulisan Jurnal dan Buku Ajar
Next LP2S UMI Adakan Desk Evaluasi Proposal Penelitian

About author

You might also like

Kegiatan

LP2S UMI Adakan Klinik Proposal Penelitian

UMI Makassar – Untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian bagi dosen dalam lingkup Universitas Muslim Indonesia, Lembaga Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (LP2S) UMI melaksanakan sosialisasi dan klinik proposal

Berita LP2S

LP2S UMI Kembali Melaksanakan Pelatihan P3U

UMI Makassar – Lembaga Penelitian dan Pengembangan Sumberdaya (LP2S) Universitas Muslim Indonesia melaksanakan kembali kegiatan Pola Pembinaan dan Pengembangan  Ukhuwah (P3U) bagi Dosen dan Karyawan UMI. Kegiatan ini berlangsung selama 2

Kegiatan

LP2S UMI Adakan Pelatihan Pekerti

UMI Makassar – Dosen adalah pendidik dan ilmuwan professional dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan dan menyeberluaskan Ipteks, melalui pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. Karena itu kualifikasi akademik, kompetensi dan professional