LP2S UMI Tingkatkan Dasar Etik Penelitian Kesehatan

LP2S UMI Tingkatkan Dasar Etik Penelitian Kesehatan

UMI Makassar – Lembaga Penelitian dan Pengembangan Sumberdaya (LP2S) UMI kerjasama dengan Komisi Etik Penelitian Kesehatan Fakultas Kedokteran UNHAS menggelar Pelatihan Dasar-Dasar Etik Penelitian Kesehatan bagi Dosen UMI, di ruang rapat LP2S Gedung Menara UMI lantai 3, Kamis 11 Juni 2015.

Kegiatan tersebut berlangsung sehari, dibuka oleh Rektor UMI Prof. Dr. Hj. Masrurah Mokhtar, MA, diikuti sebanyak 30 dosen tetap UMI.

Rektor UMI Prof. Dr. Hj. Masrurah Mokhtar, MA dalam sambutannya mengatakan, dalam melakukan penelitian aspek etika harus diperhatikan dan dikedepankan dalam proses penelitian, karena jika aspek etika ini tidak dipatuhi maka akan berdampak negatif hasil yang diperoleh.

“Jika seorang peneliti mengabaikan aspek kejujuran dan tidak objektif dalam proses penelitian, maka hasil penelitiannya akan sia-sia,” ujarnya.

Dikatakan pula, pelatihan ini sangat penting bagi peneliti, sehingga dalam melakukan penelitian ada rambu-rambu yang harus diperhatikan yaitu etika, sehingga tidak menimbulkan masalah dan  dampak negatif terhadap kejernihan hasil penelitian.

“Penelitian harus dilakukan secara profesional, jujur dan bermoral, karena hasil penelitian merupakan hasil yang objektif dan mengandung kebenaran. Jika tidak dilakukan dengan landasan etika,” tandasnya.

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya (LP2S) UMI Prof. Dr. H. Hambali Thalib, SH, MH dalam laporannya mengatakan, perkembangan keilmuan yang berbasis pada penelitian terus berkembang, oleh sebab itu dituntut kepada peneliti untuk memahami etik penelitian baik untuk subyek manusia, maupun subyek pada binatang. Masalah dilema etik yang terjadi pada bidang penelitian kesehatan menjadi momentum untuk memandang hak-hak azasi manusia, hak-hak kesejahteraan binatang dan lainnya, sehingga pelatihan Dasar-Dasar Etik Penelitian Kesehatan dapat memberikan gambaran tentang perlakuan terhadap subyek daiam penelitian.

Selain itu, pelatihan ini bertujuan meningkatkan pengetahuan dan pemahaman peserta tentang berbagai aspek dan standar etik penelitian kesehatan.

Materi yang disajikan selama pelatihan antara lain “Pengantar Etik Penelitian Kesehatan dan Komisi Etik Penelitian Kesehatan”, oleh Prof. Dr. dr. Suryani As,ad., M.Sc, Sp.GK, “Etika  dalam   Penelitian  Uji  Klinik pada Manusia”  oleh Dr. Ema Alasiry.,SpA (K) “Etika   Penelitian   Obat   dan Pengobatan Tradisional” oleh Prof. dr. Veni Hadju., PhD, Sp.GK dan “Etik Penggunaan Hewan Percobaan dalam Penelitian Kesehatan” oleh Prof. Drh. Ratmawati Malaka.,MSc.

(Humas UMI)

Previous LP2S UMI Adakan Desk Evaluasi Proposal Penelitian
Next LP2S UMI Adakan Klinik Proposal Penelitian

About author

You might also like

Kegiatan

LP2S UMI Adakan Pelatihan Penulisan Jurnal dan Buku Ajar

Lembaga Penelitian dan Pengembangan Sumberdaya (LP2S) Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar melaksanakan  Pelatihan Penulisan Jurnal Nasional Terakreditasi dan Penulisan Buku Ajar bagi Dosen Tetap UMI, di ruang senat Kampus II

Kegiatan 0 Comments

105 Peneliti Pemula UMI Masuk Klinik Proposal

UMI Makassar – Sebanyak 105 proposal penelitian dosen pemula UMI akan dibedah oleh peneliti senior UMI dalam acara Klinik Proposal Penelitian Dosen Pemula, dilaksanakan Lembaga Peneltian dan Pengembangan Sumberdaya (LP2S)

Kegiatan

LP2S UMI Adakan Desk Evaluasi Proposal Penelitian

Lembaga penelitian UMI adakan desk evaluasi proposal penelitian serta pemaparan proposal penelitian untuk tahun pendaan 2014. Hal ini disampaikan ketua Lembaga Penelitian dan Pengembangan Sumberdaya (LP2S) UMI, Prof. Dr. H.